Kolom

Harapan Kita Untuk Kapolri Baru

2 Mins read
Harapan Kita Untuk Kapolri Baru pelantikan kapolri baru 6 1

Resmi! Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, pada Rabu (27/1/21). Ketika mengikuti Uji Kepatutan dan Kelayakan di Komisi III DPR, Listyo Sigit memiliki keinginan memperbaiki tata kelola dan keorganisasian di Polri. Kemudian dia mempunyai konsep transformasi Polri yang Prediktif, Responsibilitas, Transparansi berkeadilan yang akronimnya yakni Presisi. Harapan kita konsep tersebut akan terlaksana semua.

Sebelumnya, dia sempat menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri sejak Desember 2019 lalu. Sederet prestasi yang dimilikinya menjadikan dia sebagai Kapolri yang dapat menambah performa kerja instansi Polri. Kita semua mengharapkan itu, supaya masyarakat menempatkan kepercayaan yang lebih terhadap kinerja kepolisian. Dengan dilantiknya Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, masyarakat percaya dia adalah yang terbaik.

Warga berharap, di bawah kepemimpinan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, institusi Polri mampu meneruskan prestasi kepolisian yang sudah berjalan. Selama ini, citra polisi sangat baik di mata masyarakat. Saat ini, Listyo Sigit Prabowo  memiliki tugas, bagaimana caranya hal tersebut bertahan terus. Konsistensi kepolisian selalu ditunggu dalam mewujudkan keadilan dan penegakan hukum di negara ini. Di samping itu, seluruh anggota kepolisian harus memberikan pelayanan hingga perlindungan secara maksimal kepada masyarakat.

Sebagai pemimpin tertinggi kepolisian, dia akan dijadikan acuan dan panutan bagi anggotanya dalam melaksanakan tugas negara. Perintahnya pasti akan dilaksanakan semua anggotanya. Maka itu, demi mewujudkan cita-cita keadilan negeri, dia patut mengeluarkan maklumat yang bermanfaat bagi masyarakat tanpa merugikan satu pihak pun.

Warga harus meletakkan seluruh kepercayaannya terhadap kepolisian agar instansi ini lebih semangat lagi bekerja. Saya menjadi ingat kalimat yang disampaikan Bung Karno, pada pidato HUT Proklamasi 1963, yang mengatakan, “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” Maksudnya adalah masyarakat patut meletakkan kepercayaannya ke negara ini, demi mewujudkan cita-cita bersama.

Sementara itu, kita berharap instansi ini dapat masuk ke seluruh kalangan masyarakat, agar cita-cita kepolisian yang diharapkan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dapat terwujud. Inilah beberapa harapan warga negara untuk Kapolri baru. Pertama, Polri harus segera memberantas praktek premanisme dan pungli. Kegiatan ini sangat mengganggu masyarakat sekali, sebab pelaku dari pungli ini bukan hanya dari warga sipil saja, tetapi ada pula aparat hukum yang melakukannya. Dengan memberantas kegiatan ini, kita berharap perbuatan semacam ini akan hilang.

Kedua, menumpas aksi-aksi intoleransi, radikalisme, ekstremisme, terorisme dan sebagainya sampai ke akarnya. Negeri ini sering sekali terjadi tindakan semacam itu, Polri sebagai instansi yang tugasnya melindungi warga, memiliki tugas prioritas untuk melindungi dan melayani masyarakat. Dengan membasmi gerakan seperti itu, rakyat dapat terbebas dari ancaman terorisme dan bom yang akan mengancam keamanan negara. Dengan cara demikian, Polri dapat memelihara keamanan, ketertiban, dan kenyamanan masyarakat.

Ketiga, kita juga berharap, visi Kapolri dengan rancangan Polri Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi berkeadilan) dapat mewujudkan transformasi kepolisian. Masyarakat akan selalu membersamai kebijakan kepolisian dan akan mendukung semua itu. Semoga visi Kapolri tersebut dapat terwujud. Demi kepentingan keadilan, di negara ini tidak boleh ada lagi hukum yang tajam ke bawah dan tumpul ke atas.

Dengan demikian, sejumlah harapan kecil kita untuk Kapolri baru semoga terwujud. Upaya melindungi dan mengayomi warga harus ditunjukkan Polri dengan terus meningkatkan pelayanan publik.  Semoga di bawah kepemimpinannya, instansi Polri dapat mengatasi segala persoalan dengan tegas, cepat, dan akurat, sehingga instansi ini akan menambah kepercayaan terhadap masyarakat. Sukses selalu dan selamat bertugas Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Masyarakat berharap dan menunggu kebijakan baikmu. 

Related posts
BeritaKolomNasihatNgopi

Tepat Sekali, Presiden Jokowi Pilih Zuhairi Misrawi Jadi Dubes RI Untuk Arab Saudi

Zuhairi Misrawi atau yang akrab dipanggil Gus Mis, dikabarkan dalam waktu dekat, akan menjadi Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi. Hal ini diketahui, karena sejumlah daftar nama calon Dubes tersebar di media-media. Selain itu, beredar kabar, bahwa Pimpinan DPR RI sudah mengkonfirmasi telah menerima Surat Presiden (Surpres) yang berisi nama-nama calon Dubes RI. Menurut saya, Presiden Jokowi sangat tepat memilih Gus Mis sebagai Duta Besar Arab Saudi.
KolomNasihat

Membaca Fikrah Politik Ustadz Abdul Somad

Ustadz Abdul Somad, atau lebih dikenal luas dengan sebutan UAS kembali ramai dibicarakan. Dai kondang yang sedang diidolai oleh sebagian Muslim Indonesia,…
Kolom

Hukum Perdata Internasional, Perkuat Hubungan Bilateral Negara

Pemerintah menargetkan pembahasan Rancangan Undang-Undang Hukum Perdata Internasional (RUU HPI) rampung di tahun 2022, pasalnya pemerintah sedang mempercepat penyusunan Naskah Akademik RUU HIP tersebut. Walaupun demikian, banyak dari pakar Hukum Perdata Internasional menilai RUU ini akan memperkuat hubungan bilateral antar negara.