KolomNasihat

Sunnah Sahur

Sahur merupakan elemen penting dari puasa. Sahur merupakan waktu yang tepat mempersiapkan asupan yang cukup agar dapat berpuasa sepanjang hari. Namun, tidak…
Kolom

Indahnya Puasa Sambil Bertoleransi

Dalam kehidupan, saling menghargai antar sesama manusia sangat diperlukan, apalagi di saat bulan puasa. Bulan Ramadhan menjadi momen yang tepat untuk menebar virus toleransi antar manusia. Karena toleransi atau kerukunan antar umat beragama menjadi salah satu kunci penting dalam keberhasilan membangun perdamaian. Ketika berpuasa, kita diberi ujian untuk selalu bersabar dalam segala hal. Dengan adanya toleransi, kita dapat memperindah ibadah puasa yang akan kita jalani.
Kolom

Asketisme Tangkal Hoax di Bulan Ramadhan

Dalam konteks berbangsa dan bernegara, hoax merupakan pangkal dari berbagai tindakan anarkis dan tindak pidana. Selain itu, hoax merupakan benih dari berbagai jenis kebencian baik secara individu maupun kelompok, dimana akan berujung pada aksi intoleransi, rasisme, hingga pada puncaknya jatuh pada tindakan terorisme.
Kolom

Ciptakan Damai Saat Ramadhan

Ramadhan sekarang dan tahun kemarin terlihat berbeda. Jika di tahun kemarin Ramadhan banyak diwarnai aksi sweeping terhadap para pedagang secara sepihak, kali ini Ramadhan tercipta kedamaian yang tenteram. Lantaran, kelompok yang dulunya bertindak merugikan orang lain atau sweeping tersebut sudah resmi dibubarkan pemerintah. Setelah dibubarkannya kelompok tersebut, kita perlu menciptakan dan memperbarui pola kedamaian di bulan nan suci serta mulia ini agar melahirkan kehidupan yang adem, ayem, tenang dan sejahtera.
Kolom

Puasa Ramadhan Bentuk Syukur dan Takwa

Tujuan utama ibadah pada bulan ramadham adalah untuk meningkat rasa syukur sebagai hambanya, atas pemberian. Selain, menjalankan rutinitas dalam agama puasa merupakan bentuk takwa bagi muslim untuk bekal di hari akhir. Sesuai dengan Al-quran surah al-Baqarah ayat 183. Artinya, ”Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”