Kolom

Keistimewaan Bulan Ramadhan

2 Mins read
Keistimewaan Bulan Ramadhan JaewoonU1

Ramadhan adalah bulan suci yang selalu dinantikan umat Islam. Pada waktu ini, Muslim yang mampu, diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Bulan suci umat Islam ini menawarkan berlipat-lipat pahala dan pengampunan dosa bagi seluruh Muslim. Seseorang yang beribadah saat Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya, karena Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia. Memperbanyak ibadah di bulan yang penuh berkah ini tentunya menjadi sebuah keharusan bagi umat Islam.

Bulan Ramadhan banyak dinanti oleh umat Islam, karena memiliki berbagai keistimewaan. Yang pertama adalah menjadi bulan penghapus dosa-dosa. Maka itu, Ramadhan merupakan waktu terbaik untuk bertaubat. Dalam hadis pula disebutkan, Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (HR. Bukhari dan Muslim). Maka dari itu, kita harus memanfaatkan puasa sebagai ibadah penghapus dosa.

Kedua, pada Bulan Ramadhan pahala kita akan dilipatgandakan. Seperti yang saya ungkapkan tadi di atas, Keutamaan Bulan Ramadan dapat melipatgandakan pahala pada setiap ibadah yang akan dilakukan. Dalam hadis mengatakan, Pahala umrah pada bulan Ramadan menyamai pahala ibadah haji (HR. Bukhari dan Muslim). Amalan-amalan pada saat Ramadhan akan dilipatgandakan. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW tersebut.

Ketiga, bulan diturunkannya al-Quran. Pada QS al-Baqarah ayat 185 disebutkan, Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Diturunkannya al-Quran pada bulan Ramadhan ini menjadi bukti nyata kemuliaan bulan Ramadhan.

Keempat, keistimewaan selanjutnya adalah malam Lailatul Qadar. Waktu ini yang paling ditunggu-tunggu oleh Umat Islam. Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Sesungguhnya Kami menurunkannya (al-Quran) pada malam Lailatul Qadar. Tahukah kamu, apakah malam qadar itu? Pada malam itu, turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Tuhan mereka, (membawa segala urusan). (seluruh malam itu) sejahtera sampai terbit fajar (QS. Al Qadr 1 – 5). Kemudian, pada sepuluh hari terakhir di Bulan Ramadhan atau saat malam inilah al-Quran diturunkan.

Kelima, pada bulan ini, doa-doa kita akan lebih cepat terkabul, karena Ramadhan juga adalah bulan terkabulnya doa. Dalam hadis menyebutkan, Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan (HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az-Zawaid mengatakan, bahwa perawi hadis ini tsiqah (terpercaya). Selain itu, hadis lain pula menyebutkan demikian, Tiga orang yang doanya tidak ditolak adalah orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi (HR. at Tirmidzi).

Dan masih banyak lagi keutamaan Bulan Ramadhan yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Dengan demikian, Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam yang dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan berpuasa. Di bulan ini Muslim akan diberi banyak keistimewaan, sehingga menjadikannya waktu paling tepat dalam beribadah.

Related posts
KolomNasihat

Cara Berpikir Kritis ala Ibnu Khaldun

Menjadi Muslim, bukan berarti pasif menerima kehendak ilahi, melainkan berada dalam keadaan kritis yang konstan. Berpikir kritis adalah bagian penting dari warisan…
Kolom

Covid-19, Kegentingan yang Semakin Nyata

Kasus positif Covid-19 di Indonesia kembali mencetak rekor tertinggi sejak pandemi karena pertama kalinya menembus angka 20.574 kasus perhari pada Kamis (24/6/2021)….
Dunia IslamKolomNasihat

Demokrasi Pancasila itu Islami

Demokrasi memang telah mengantarkan Dunia Barat mencapai kemajuan menuju kemakmuran bagi rakyatnya. Namun, bagaimanapun demokrasi sebagai sebuah sistem pembangunan negara belum mencapai…